Komponen struktural untuk pesawat terbang

Struktur pesawat yang paling penting adalah sayap, lambung kapal dan bak truk. Permukaan kontrol utama pada sayap dan garpu belakang adalah aileron, lift, dan kemudi. Bagian-bagian ini dihubungkan oleh jahitan, yang disebut sambungan.

Semua koneksi yang dibuat dengan paku keling, baut atau pengencang khusus adalah koneksi baut. Pengencang tidak dapat digunakan pada sambungan di mana bahan yang akan disambungkan tidak tumpang tindih, misalnya bokong, tee, dan pinggiran. Fayed edge adalah jenis sambungan putaran yang dibuat ketika dua permukaan logam ditekan bersama sehingga saling tumpang tindih.

Komponen pesawat internal diproduksi dengan empat cara: milling, stamping, bending, dan ekstrusi. Logam dari bagian yang digiling diubah dari gips menjadi diproses dengan terlebih dahulu membentuk dan kemudian secara etsa kimia atau penggilingan. Bagian yang dicap dianil, ditempatkan dalam mesin cetak dan kemudian dipanaskan kembali.

Bagian melengkung dibuat oleh mekanik logam lembaran menggunakan prosedur pelengkungan dan pelapisan. Ekstrusi adalah bagian pesawat yang dibentuk dengan menempa logam melalui cetakan sebelumnya. Bentuk tempa yang dihasilkan digunakan sebagai kayu bulat, balok memanjang, paru-paru atau saluran. Untuk diekstrusi, dibengkokkan atau dibentuk, pertama-tama harus dibuat lunak dan dapat dideformasi dengan anil. Setelah operasi pembentukan, logam dipanaskan lagi dan berumur.

Airbus Wings

Di sini di Inggris Raya dan terutama di pabrik Airbus di Wales Utara, adalah keahlian kami dalam pembuatan sayap pesawat. Sayap pesawat harus cukup kuat untuk menahan kekuatan positif penerbangan, serta kekuatan pendaratan negatif. Sayap logam terdiri dari dua jenis: semicantilever dan full cantilever. Semicantilever, atau bracing, sayap digunakan pada pesawat ringan. Mereka didukung secara eksternal oleh struts atau kabel terbang yang menghubungkan balok sayap ke lambung. Sayap kantilever penuh biasanya terbuat dari logam yang lebih kuat. Itu tidak memerlukan dukungan atau dukungan eksternal. Kulit membawa bagian dari tekanan sayap. Komponen umum untuk kedua desain sayap adalah kayu bulat, tulang rusuk kompresi, tulang rusuk depan, stringer, pelat tegang dan pelat sudut. ujung sayap dan kain sayap.

Airbus dan Broughton mempekerjakan lebih dari 5.000 orang, terutama di bidang industri, tetapi juga dalam fungsi teknis dan fungsi pendukung seperti pembelian dan keuangan.

Wing Spars

Dua atau lebih spar digunakan dalam konstruksi sayap. Mereka membawa untaian longitudinal utama ke ujung beban sayap. Baik cemara dan tulang rusuk kompresi menghubungkan sayap ke lambung.

Rusuk kompresi

Rusuk kompresi membawa beban utama ke arah penerbangan, dari tepi depan ke tepi belakang. Pada beberapa pesawat, rusuk tekanan adalah bagian pipa struktural yang memisahkan dua balok utama. Fungsi utama dari rib tekanan adalah untuk menyerap gaya yang diberikan pada spar ketika pesawat dalam penerbangan.

Mantan Iga

Mantan iga, terbuat dari logam ringan, melekat pada senar dan kulit sayap untuk memberikan sayap bentuk aerodinamisnya. Tulang rusuk yang terbentuk dapat diklasifikasikan sebagai rusuk hidung, tulang rusuk tepi belakang dan tulang rusuk tengah yang berjalan di depan dan belakang di antara pohon cemara depan dan belakang di sayap. Pembentuk tidak dianggap sebagai anggota struktural utama.

Senar

Senar terbuat dari lembaran tipis paduan aluminium yang diekstrusi atau yang dibentuk dengan tangan. Mereka berlari dari depan ke belakang sepanjang batang dan dari baut sayap ke ujung sayap. Sayap kulit sayap pada stringer dan tulang rusuk memberikan kekuatan ekstra pada sayap.

Pelat tegangan

Pelat tegangan digunakan pada sayap untuk menopang berat tangki bahan bakar. Beberapa pelat stres terbuat dari logam tebal dan ada pula yang bergelombang dari logam tipis agar kokoh. Pelat tegangan biasanya dipegang oleh barisan panjang sekrup mesin, dengan mur pengunci sendiri, yang dipasang pada saluran yang dipasang secara khusus. Penyaluran pelat tegangan terpaku pada kayu bulat dan iga tekanan.

Gussets

Gussets atau pelat sudut digunakan dalam pesawat terbang untuk bergabung dan memperkuat elemen struktural penyeberangan. Tusuk sate digunakan untuk mentransfer ketegangan dari satu anggota ke anggota lainnya pada titik di mana anggota bergabung.

Ujung sayap

Ujung sayap, ujung luar sayap, memiliki dua tujuan: aerodinamis menghaluskan aliran udara dan memberi sayap tampilan yang selesai.

Kulit Sayap

Kulit sayap menutupi komponen internal dan memberikan aliran udara yang halus ke permukaan sayap. Kulitnya memberi tekanan pada sayap penopang penuh. Namun, semua kulit sayap harus diklasifikasikan sebagai struktur primer, terlepas dari di mana mereka berada pada permukaan yang diperkuat atau kantilever penuh.

Majelis Pesawat.

Komponen struktural terbesar dari pesawat ini, ada dua jenis lambung pesawat logam: sepenuhnya monocoque dan semimonocoque. Seluruh bodi monocoque memiliki bagian internal yang lebih sedikit dan kulit yang lebih berat daripada bodi semimonocoque, yang menggunakan penguat internal untuk mendapatkan kekuatannya.

Seluruh lambung monocoque umumnya digunakan pada pesawat yang lebih kecil, karena kulit yang tertekan menghilangkan kebutuhan akan stringers, cincin sebelumnya dan jenis penguatan internal lainnya, sehingga mengurangi struktur pesawat.

Hull semimonocoque memperoleh kekuatannya dari bagian internal berikut: bulkhead, boot, lunas bar, sandaran seret, penopang badan, penopang badan, cincin bekas, dan tali pengikat.

Schotten

Sekat adalah dinding pembagi struktural, biasanya terletak di lambung kapal, yang biasanya berjalan tegak lurus terhadap balok keel atau balok longitudinal. Beberapa contoh lokasi sekat adalah di mana selubung sayap terhubung ke lambung, di mana kolom tekanan kabin melekat pada konstruksi lambung dan ke pintu masuk penumpang atau kargo di kokpit.

Longerons dan bar lunas

Longeron dan lunas jet memiliki fungsi yang sama di dalam pesawat terbang sebuah pesawat terbang. Keduanya membawa sebagian besar beban bergerak maju dan mundur. Bar dan jembatan lunas, bagian terkuat dari lambung, mengikat bobot ke komponen pesawat lain, seperti sumber daya, sel bahan bakar, dan roda pendarat.

Penyangga derek dan perlengkapan lainnya

Penyangga derek dan perlengkapan penyangga tubuh adalah komponen struktural utama lainnya. Drag struts digunakan pada pesawat jet besar untuk mengikat sayap ke bagian lambung. Perlengkapan penyangga tubuh digunakan untuk mendukung struktur yang membentuk partisi atau balok lantai.

Cincin dan trunkstring terdahulu bukanlah elemen struktural utama. Cincin bekas digunakan untuk membentuk lambung. Trailer lambung depan dan belakang digunakan untuk memasang sekat dan cincin
sebelumnya.

Bagian Kendaraan Udara

Sufiks adalah bagian ekor pesawat terbang. Ini terdiri dari stabilizer horisontal, lift, stabilizer vertikal dan kemudi. Bagian konvensional untuk memegang berisi jenis bagian yang sama yang digunakan dalam konstruksi sayap. Bagian internal stabilisator dan kontrol terbangnya dibuat dengan spar, iga, stringer, dan skin.

Bagian ekor, seperti sayap, juga dapat dikuatkan secara eksternal atau internal.

Stabilizer dan elevator horisontal

Stabilizer horizontal terhubung ke permukaan operasi utama, yaitu lift. Lift memastikan bahwa hidung pesawat melipat ke atas atau ke bawah. Bersama-sama, penstabil horizontal dan elevator memberikan stabilitas di sekitar sumbu horizontal pesawat. Pada beberapa pesawat, stabilizer horisontal dibuat dapat digerakkan oleh sekrup jack yang memungkinkan pilot untuk mempersingkat pesawat selama penerbangan.

Stabilizer dan kemudi vertikal

Stabilizer vertikal terhubung ke ujung belakang lambung dan memberikan stabilitas pesawat di sekitar sumbu vertikal. Tersambung ke stabilizer vertikal adalah kemudi, yang bertujuan untuk memutar pesawat tentang sumbu vertikal.

Ailerons

Lift dan kemudi adalah stick kontrol utama di bagian ekor. Ailerons adalah kontrol penerbangan utama yang terhubung ke sayap. Mereka terletak di bagian luar sayap dan memungkinkan pesawat untuk berputar di sekitar sumbu longitudinal.

Ketika aileron kanan digerakkan ke depan, mawar naik dan pesawat berguling ke kanan. Karena tindakan ini menciptakan kekuatan yang sangat besar, aileron harus dibangun sedemikian rupa sehingga mereka dapat menahannya.

Tongkat kontrol lain selain tiga tongkat kontrol utama diperlukan untuk pesawat yang kuat. Pada sayap jet berbadan lebar misalnya, tidak kurang dari tiga belas kontrol penerbangan, termasuk aileron dengan kecepatan tinggi dan rendah, flap dan spoiler.

Katup dan spoiler

sayap sayap menaikkan lift untuk tinggal landas dan mendarat. Flap dalam dan luar, pada tepi trailing sayap, bergerak dari penuh ke atas, yang merupakan posisi aliran aerodinamik netral, ke bawah, di mana udara menumpuk dan menciptakan daya angkat. Flap tepi depan – Flap Krueger dan flap camber variabel – meningkatkan ukuran sayap sayap dan memungkinkan pesawat lepas landas atau mendarat di landasan yang lebih pendek. Spoiler, yang terletak di bagian tengah di sayap, melayani dua tujuan. Mereka membantu aileron tinggi ketika memutar pesawat selama penerbangan, dan mereka digunakan untuk membunuh lift aerodinamis saat mendarat dengan menyebarkannya terbuka saat mendarat.

Trimtabs

Tersambung ke kontrol utama disebut perangkat trimtabs. Mereka digunakan untuk membuat penyesuaian yang baik untuk jalur penerbangan pesawat terbang. Trimtab dibangun sebagai sayap atau aileron, tetapi jauh lebih kecil
.



Source by John Routledge

Bookmark the permalink.

Comments are closed.