Sejarah hard drive

Hard disk adalah bagian penting dari pemrosesan komputer kontemporer, karena memungkinkan informasi untuk disimpan di lain waktu dan kemudian digunakan. Namun, drive saat ini memiliki asal-usul dalam teknologi yang dikembangkan lebih dari 50 tahun yang lalu. Drive pertama dikembangkan pada tahun 1956 dan terlihat seperti apa yang akan terlihat seperti unit pendingin udara modern. Unit kemarin memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat kecil dan masih memakan ruang 100 kali lebih banyak. Seiring perkembangan teknologi, kapasitas hard disk meningkat karena semakin sedikit ruang yang dihabiskan.

Masa Dini

Gagasan pertama unit untuk menyimpan dan menerima data dirancang pada tahun 1953 oleh para insinyur dan IBM. Mereka menyadari perlunya perangkat keras yang dapat memiliki kapasitas tinggi dan akses cepat ke data dan yang dapat dibangun dengan murah. Teknologi pertama yang dipelajari adalah matriks kawat, susunan batang dan bahkan susunan drum. Namun, disk drive akhirnya dipilih sebagai unit yang disukai karena desainnya yang sederhana dan mekanika yang sederhana. Drive pertama adalah sistem IBM 305 RAMAC yang dapat menyimpan 4,4 megabita untuk $ 160.000 uang hari ini.

1950-1971

File disk IBM 350 terbukti sukses besar bagi IBM dan usia hard disk secara resmi lahir. Namun, kinerja perangkat pertama ini menggelikan dibandingkan dengan apa yang unit termurah sekarang dapat capai. File disk IBM 350 dapat mengakses informasi dalam waktu kurang dari 1 detik – sebagai perbandingan, hampir semua hard disk yang ada saat ini memiliki akses ke informasi hanya dalam beberapa milidetik. Namun, waktu akses cepat hilang dan pada tahun 1961, hard disk dari 4000 series dapat memiliki waktu akses hanya 50 ms. Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan disk drive IBM 3340. Ini adalah hard drive pertama yang menggunakan media yang dioleskan dengan massa rendah untuk memastikan kelancaran operasi dan mengurangi pemeliharaan.

Era Komputer Pribadi

Ketika revolusi komputer pribadi dimulai pada 1980-an, itu adalah sarana utama untuk menyimpan dan mengambil data pada komputer melalui floppy disk. Kebanyakan komputer pribadi tidak memiliki hard drive karena masih terlalu mahal untuk diproduksi dan mereka tidak dapat bersaing dengan floppy disk dalam hal kapasitas penyimpanan murni. Pada akhir 1980-an, bagaimanapun, mereka mulai mengganti floppy disk sebagai metode utama untuk penyimpanan pada PC. Pada pertengahan tahun sembilan puluhan, hampir semua komputer pribadi dipasok dengan sejenis disk internal, karena sekarang lebih murah daripada disket dalam hal jumlah ruang penyimpanan yang tersedia.

Sekarang

Setelah menjadi komponen utama dalam industri komputer pribadi pada awal 1990-an, hard disk menjadi semakin cepat, lebih kecil dan dengan kapasitas lebih tinggi. Hard disk sangat murah saat ini dan dapat menyimpan banyak informasi, beberapa di antaranya hingga 5 terabyte data. Masa depan perangkat tidak jelas, tetapi sebagian besar ahli sepakat bahwa mereka akan dihapus dan diganti dengan Solid State Drive yang jauh lebih maju secara teknologi. Solid-state drive tidak memiliki bagian yang bergerak dan karenanya memiliki masa pakai lebih lama dan lebih mudah dirawat daripada hard drive normal.



Source by Winston Lievsay

Bookmark the permalink.

Comments are closed.